Kamis, 20 November 2014

Bisakah Asma Pada Anak disembuhkan?

 Bisakah Asma Pada Anak disembuhkan?


Asma adalah salah satu penyakit gangguan pernafasan manusia. Asma bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Penanganan asma pada anak umumnya sama dengan penanganan asma terhadap orang dewasa. Misalnya dengan menghindari pencetus asma seperti udara dingin, debu, alergi, polusi dan aktifitas fisik yang berlebihan. Banyak orang tua yang akan bertanya bisakah asma pada anak disembuhkan?

Penyakit asma pada anak muncul di bawah usia 4 tahun.  Ada tiga jenis asma yang umumnya menyerang anak-anak. Pertama, asma episodik jarang. Penyakit ini tergolong berat dan jarang terjadi pada anak-anak. Asma jenis ini biasanya kambuh di malam hari dengan gejala batuk, pilek dan sesak nafas. Batuk yang diderita pun bisa melebihi 10 hari.

Kedua, asma episodik sering. Asma ini menyerang anak-anak usia 3 tahun dan frekuensi serangan bisa terjadi 3-4 kali dalam setahun. Asma ini akan berlangsung sampai anak berusia 8 hingga 10 tahun. Penyakit asma ini bisa disembuhkan dengan atau tanpa obat.

Bisakah Asma Pada Anak disembuhkanTimbul kekhawatiran bisakah asma pada anak disembuhkan? Kabar baiknya, sebuah penelitian di Swedia yang melibatkan lebih dari 200 anak penderita asma menyebutkan, asma pada anak-anak bisa sembuh dengan sendirinya saat anak beranjak dewasa nanti. Menurut penelitian itu pada usia 19 tahun terjadi penurunan gejala asma sebanyak 21 persen. Namun hasil ini hanya terjadi pada 1 banding 5 anak.

Dibanding anak perempuan, anak laki-laki memiliki peluang lebih besar untuk bisa disembuhkan dari penyakit asma.Ketiga, asma presisten atau asma kronik. Serangan terhadap asma ini bisa terjadi setiap hari. Kemungkinan untuk bisa disembuhkan dari penyakit jenis asma ini sangat kecil. Serangannya pun bervariasi dan umumnya terjadi pada malam hari. Anak-anak dengan asma jenis ini tidak akan pernah lepas dari obat-obatan pereda asma.

Penanganan terhadap penyakit asma tergantung dari seberapa parah asma yang diderita. Umumnya, penderita asma tidak memahami bagaimana penanganan terhadap asma. Sebagian penderita asma hanya bergantung pada obat pelega pernafasan. Obat asma yang tersedia saat ini sifatnya hanya mengontrol asma dan sebagai pelega pernafasan.

Dibandingkan obat oral atau obat yang diminum, sebaiknya diberikan obat semprot (Inhaler) karena obat semprot akan langsung masuk ke saluran pernafasan dan dosisnya pun lebih rendah. Dengan penanganan dan terapi yang tepat kehawatiran bisakah asma pada anak disembuhkan dapat di kurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar