Jumat, 21 November 2014

Terapi Akupuntur untuk Penderita Tiroid

Terapi Akupuntur untuk Penderita Tiroid


Menurut jurnal kesehatan, dikatakan bahwa tiroid adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang terdapat pada bagian leher dan berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam sel-sel tubuh. Tiroid itu sendiri diatur oleh kelenjar pituitari dan hipothalamus yang berada pada otak. Oleh karena suatu hal, misalnya stress, merokok, inflamasi atau peradangan pada kelenjar tiroid, menyebabkan hormon tiroid terlalu banyak dilepaskan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan hormonal dan dapat mengganggu kinerja organ vital tubuh. Kejadian yang disebut dengan hipertiroid ini bisa saja menyebabkan gangguan irama jantung atau bahkan gagal jantung pada mereka yang berusia lanjut. Untuk memperkecil resiko terjadinya gangguan akibat penyakit penyakit tiroid ini, menjaga pola hidup dan pola makan serta melakukan terapi pencegahan sebaiknya dilakukan. Menurut salah seorang praktisi akupuntur, dikatakan bahwa terapi akupuntur untuk penderita tiroid dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan atau stimulasi pada titik meridian akupresur ataupun titik akupunktur tertentu.

Jenis dan Macam

Berikut beberapa jenis dan macam titik meridian ataupun titik accupuncture pada terapi akupuntur untuk penderita tiroid sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Hati. Organ hati berpengaruh pada proses penyeimbangan metabolisme tubuh serta penetralisir toksin atau racun yang beredar lewat peredaran darah. Titik meridian hati terletak pada tepi kanan luar pertengahan telapak kaki kanan, serta pada telapak tangan kiri tepat di bawah jari telunjuk.

Jantung. Refleksi organ jantung terdapat pada tepi luar pertengahan telapak kaki kiri dan sepanjang pangkal ibu jari telapak tangan. Pemijatan pada titik refleksi jantung berguna untuk mencegah terjadinya gangguan irama jantung serta melancarkan peredaran darah.

Kelenjar tiroid. Refleksi kesehatan kelenjar tiroid terletak pada sepanjang sela antara ibu jari dan jari telunjuk melingkar hingga tepi dalam telapak kaki kanan dan kiri. Terapi refleksi meridian kelenjar tiroid berguna untuk mengoptimalkan pembentukan hormon tiroid.

Demikianlah beberapa jenis dan macam titik meridian ataupun titik akupuntur pada terapi akupuntur untuk penderita tiroid yang dapat dilakukan terapi pemijatan ataupun penusukan jarum. Lakukan terapi ini secara sistemik dan berkala untuk hasil yang optimal.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar