Jumat, 21 November 2014

4 Jenis Penyakit Pernafasan yang Menyerang Manusia

 4 Jenis Penyakit Pernafasan yang Menyerang Manusia
  

Pernafasan merupakan salah satu 0rgan yang vit4l dalam menunjang kehidupan manusia. Pernafasan manusia sangat rentan dengan gangguan penyakit pernafasan. Hal itu disebabkan karena keluar masuknya udara dengan bebas dari luar ke dalam. Udara yang masuk melalui hidung tidak selalu bersih, ada saja bakteri atau virus yang ikut terhirup dan menimbulkan berbagai permasalahan pernafasan.

Berikut kenali 4 jenis penyakit pernafasan yang menyerang manusia, diantaranya adalah:

Tubercolusis (TBC)
Penyebab TBC adalah bakteri mycobacterium tubercolusa. Bakteri ini bisa tahan terhadap asam, berbentuk seperti batang-batang sehingga kerap disebut sebagai bakteri batang tahan asam. Bakteri ini bersemayam dan berkembang biak di dalam paru-paru dan menyebabkan peradangan pada dinding alveolus. Kondisi ini akan berakibat pada terganggunya sistem disfusi oksigen.
TBC termasuk gangguan pernafasan yang bisa menular melalui udara saat penderita sedang batuk atau bersin. TBC merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Bronkitis
Bronkitis termasuk penyakit pernafasan disebabkan oleh bakteri maupun virus yang menyebabkan terjadinya peradangan pada selaput lendir, saluran bronkia dan trakea. Gejala-gejala yang dapat dikenali dari penyakit ini adalah kepala sering sakit, penglihatan tampak kabur, pembengkakan pada pergelangan kaki, mudah lelah, timbul kemerah-merahan pada wajah, telapak tangan dan selaput lendir, flu yang berkepanjangan, batuk berdahak dan sering sesak nafas.

Asma
4 jenis penyakit pernafasan yang menyerang manusia berikutnya adalah asma, penyebabnya karena saluran pernafasan mengalami penyempitan akibat tingginya aktifitas terhadap rangsangan tertentu. Biasanya asma merupakan penyakit turunan. Jenis penyakit pernafasan yang menyerang manusia ini biasanya akan kambuh kalau menghirup udara kotor, udara dingin, alergi dan stress.

Sinusitis
4 Jenis Penyakit Pernafasan yang Menyerang ManusiaSinusitis disebabkan oleh infeksi jamur, virus dan bakteri. Gerombolan penyerang ini bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh penderita. Sinusitis terjadi karena bagian atas rongga hidung mengalami peradangan, biasa disebut sinus paranasalis. Gejala umum yang timbul antara lain, sering bersin, tercium bau busuk pada hidung saat bernafas, ingus yang keluar dari hidung berwarna kekuning-kuningan, kepala terasa sakit seperti ada tekanan dan hidung terasa tersumbat.

Waspadai gejala dari 4 jenis penyakit pernafasan yang menyerang manusia diatas agar Anda terhindar dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini. Segera kontrol ke dokter bila menemukan gejala-gejala menyerupai keempat penyakit diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar