Kamis, 20 November 2014

Terapi Akupuntur untuk Osteoporosis

 Terapi Akupuntur untuk Osteoporosis

 

Osteoporosis atau pengeroposan tulang lumrah terjadi ketika memasuki masa menopause. Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa seiring dengan penurunan atau bahkan penghentian produksi hormon esterogen pada wanita lansia ketika memasuki masa menopause, secara tidak langsung akan memperbesar resiko serangan osteoporosis serta peningkatan kadar kolesterol dalam darah dibandingkan dengan pria lansia. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila terapi esterogen secara injeksi atau oral menjadi alternatif pilihan wanita menopause untuk mengatasi permasalahan osteoporosis ini, walaupun menurut beberapa penelitian dikatakan bahwa terapi esterogen secara injeksi pada masa menopause justru memperbesar resiko terjadinya serangan kista atau endometriosis. Salah satu jenis terapi yang relatif aman untuk mengatasi permasalahan osteoporosis ini adalah terapi akupuntur. Terapi akupuntur untuk osteoporosis ini dilakukan dengan memberikan stimulasi pada titik meridian tertentu dan dapat dilakukan sendiri dengan teknik accupresure atau pemijatan.
Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam titik meridian terapi akupuntur untuk osteoporosis menurut salah seorang praktisi akupuntur, yaitu:

Tri pemanas. Dalam ilmu akupuntur, dikenal titik meridian tri pemanas tubuh yang berperan penting dalam pemeliharaan kesehatan kelenjar endokrin yang mengatur produksi hormon, enzym atau berbagai proses metabolisme tubuh, termasuk diantaranya reseptor penerimaan kalsium dalam organ pencernaan ataupun sistem transportasi. Meridian tri pemanas juga berhubungan dengan kelenjar hipothalamus di otak, sedangkan titik meridian tri pemanas terdapat pada pangkal jari tengah telapak kaki kiri dan kanan, serta pada pangkal telinga bagian dalam.

Organ Pencernaan. Osteoporosis tidak hanya disebabkan karena kurangnya asupan kalsium, fosfor atau vitamin D saja, tetapi sebagian besar dipicu oleh kurang optimalnya kinerja organ pencernaan seperti usus halus dan usus besar dalam penyerapan unsur penyusun tulang tersebut. Titik meridian organ penyerapan makanan ini terdapat pada bagian tengah telapak kaki kiri dan kanan, serta sepanjang tepi luar jari tengah hingga jari manis pada telapak tangan kanan dan kiri.

Terapi Akupuntur untuk OsteoporosisDemikianlah beberapa jenis dan macam titik meridian terapi akupuntur untuk osteoporosis yang bisa dilakukan sendiri dengan penggunaan teknik accupresure atau pemijatan. Agar lebih optimal, imbangi juga terapi ini dengan mengkonsumsi asupan makanan yang tinggi kadar kalsium dan fosfor serta melakukan olahraga pagi untuk proses pembentukan vitamin D yang merupakan katalisator penyerapan kalsium.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar