Senin, 24 November 2014

Penyebab Gagalnya Program Diet

 Penyebab Gagalnya Program Diet


 “Dok, saya mau tanya nih!  Saya sudah berusaha diet dengan mengurangi intensitas makan yang tadinya tiga kali hanya dua kali sehari, tapi kenapa bobot tubuh saya tidak turun juga ya?”  Tanya Sandra pada seorang ahli gizi di tempatnya bekerja.  Sejak menikah tubuh Sandra memang mengalami banyak perubahan, tidak lagi ramping seperti saat masih gadis.  Terlebih lagi saat mengandung anak pertamanya.  Bobot tubuhnya naik hingga hampir 25 kilogram.  Berbagai cara telah dilakukannya untuk kembali mendapatkan postur tubuh yang ideal.  Salah satu di antaranya adalah dengan cara diet.  Sayangnya program diet yang dilakukan tak jua membuahkan hasil.  Kira-kira apakah penyebab gagalnya program diet yang dilakukan oleh Sandra?

Pertanyaan yang dilontarkan Sandra dijawab sang ahli gizi hanya dengan pertanyaan,”Bagaimana cara ibu menjalani program diet? Sudah sesuaikah?”.  Program diet yang tidak disiplin tiddak akan memberikan hasil maksimal pada pelakunya.  Seperti yang dilansir oleh health.kompas.com bahwa kegagalan program diet banyak disebabkan akibat informasi yang tidak benar tentang definisi diet itu sendiri dan pelaksanaannya yang tidak tepat.

Penyebab gagalnya program diet pada Sandra di antaranya adalah sebagai berikut:

    Kurang Istirahat
    Kualitas tidur yang kurang baik menurut Joey Shulman seorang pakar masalah kesehatan akan menentukan jumlah hormon dalam tubuh.  Kelelahan akibat kurang istirahat acap membuat seseorang mengkonsumsi makanan yang tidak terjaga kesehatannya, kandungan hirmon kortisolnya berlebih dan mudah stress.  Sehingga memicu terjadinya penimbunan lemak tubuh.
    Salah Menerapkan Program Diet
    Menerapkan program diet dengan cara mengurangi intensitas makan seperti yang Sandra lakukan adalah penerapan diet yang salah, karena tubuh akan didera rasa lapar terus menerus, dan pelampiasannya pada makanan ringan atau makan di malam hari karena rasa lapr yang menyiksa.
    Makan di Malam Hari
    Rasa lapar yang menghebat yang disebabkan kurangnya asupan makanan di siang hari akan menyebabkan rasa lapar di malam hari.  Akhirnya pelaku diet cenderung memakan apa saja yang ia temui untuk mengganjal rasa laparnya termasuk junk food padahal malam hari adalah waktunya metabolisme tubuh melambat akhirnya kalori akn menjadi tumpukan lemak akibat tidak adanya proses pembakaran.
    Sering Memakan Cemilan
    Nah ini lah yang jadi penyebab gagalnya diet.  Walau prosi makan dikurangi tapi ngemil jalan terus tidak akan memberikan hasil diet yang maksimal.
    Kurang Olahraga
    Penyebab gagalnya program diet yang lainnya adalah kurang rutin berolahraga.  Padahal olahraga adalah salah satu aktivitas yang dapat membakar lemak tubuh (kalori).

Nah bila kita ingin program diet kita berhasil, lakukanlah diet seimbang dan sehat dengan rutin berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar