Jumat, 21 November 2014

Lidah Berwarna Putih? Berbahayakah?

 Lidah Berwarna Putih? Berbahayakah?

 

Pernahkah Anda melihat lidah bayi mengalami perubahan warna menjadi putih? Atau Anda sendiri pernah mengalaminya? Tahukah Anda jika kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan bayi dan menjadi suatu petunjuk adanya gangguan kesehatan pada diri Anda. Wah, jadi makin penasaran nih, lidah berwarna putih? Berbahayakah?

Sebelum menjawab pertanyaan lidah berwarna putih? Berbahayakah? Ada baiknya jika Anda mengetahui beragam penyakit yang bisa diindikasikan dari perubahan warna lidah menjadi putih, antara lain :

• Kurangnya Menjaga Kesehatan Mulut
Lidah berwarna putih akibat menumpuknya sisa makanan yang tidak dibersihkan, sehingga dapat menimbulkan nafas bau. Cara mengatasinya adalah Lidah Berwarna Putih Berbahayakah dengan rutin menggosok gigi dan lidah.
Pada bayi, bisa jadi karena sisa Asi atau susu formula yang tidak dibersihkan, untuk itu lakukan perawatan rutin, dengan cara : lilitkan kasa lembut pada jari, lalu bersihkan perlahan pada mulut, lidah, dan juga gusinya. Jika warna putih masih membandel, Anda bisa memberikan obat anti jamur sesuai resep dokter.

• Dehidrasi
Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis wana lidah Anda akan lebih putih pucat. Untuk mengatasinya, cukupi asupan cairan.

• Demam
Saat tubuh Anda mengalami demam tinggi, secara otomatis lidah akan terlihat putih dan berkerak. Bahkan kadang disertai rasa pahit dan tidak nyaman saat menelan makanan. Cara mengatasinya adalah cukupi asupan cairan agar tidak dehidrasi dan minum obat untuk meredakan panas.

• Masalah Kesehatan Liver
Lidah berwarna putih juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada liver. Kondisi ini tentu saja tidak boleh disepelekan, untuk itu Anda harus segera memeriksakan kesehatan ke dokter.

• Akibat Mer0k0k
Lidah putih umumnya dialami oleh per0k0k, karena kebiasaan tersebut dapat membuat mulut menjadi kering dan dehidrasi. Meskipun begitu, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah putih pada per0k0k, karena sifatnya memang permanen.

• Leucoplakia
Leukoplakia merupakan suatu kondisi munculnya berwarna putih yang tebal pada area mulut, seperti : gusi, pipi dalam, dan lidah. Bercak putih yang menebal ini tidak bisa dibersihkan dengan mudah dengan guratan, karena merupakan gejala penyakit kanker mulut.

Jadi, jika ditanyakan kembali lidah berwarna putih? Berbahayakah? Semua itu tergantung gejala yang menyertainya. Jadi, jangan remehkan apabila mengalami perubahan warna pada lidah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar