Kamis, 20 November 2014

Akupuntur untuk Penderita Hepatitis

 Akupuntur untuk Penderita Hepatitis


Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ hati, dimana terjadi inflamasi atau peradangan yang bisa saja diikuti dengan terjadinya pembengkakan pada organ hati tersebut. Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa terjadinya serangan hepatitis ini bisa saja mengancam jiwa apabila kerusakan hati yang terjadi sangatlah fatal dan berkembang menjadi gagal hati serta dikombinasikan dengan menurunnya sistem immun tubuh. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa sebenarnya penyakit hepatitis ini masih dapat disembuhkan dengan penggunaan terapi obat-obatan, yaitu obat-obatan antiferon ataupun interferon tergantung pada jenis hepatitis yang menyerang, namun tetap harus diimbangi dengan memperbanyak konsumsi air putih hingga 3 liter tiap hari agar tidak menimbulkan efek samping. Namun demikian, sebenarnya masih ada alternatif lain penyembuhan penyakit hepatitis yang jarang menimbulkan efek samping, yaitu penggunaan terapi akupuntur. Bagaimanakah kiat dan tips melakukan terapi akupuntur untuk penderita hepatitis?

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips melakukan terapi akupuntur untuk penderita hepatitis dengan teknik accupresure dan accupuncture pada titik meridian tertentu yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Liver. Titik meridian hati terletak pada pangkal jari manis telapak kaki kiri dan kanan serta pertengahan telapak kaki tepi luar searah dengan jari manis. Selain itu, titik meridian hati juga terdapat pada sepanjang tepi luar jari telunjuk hingga pangkal pada telapak tangan kiri dan kanan.

Limfe. Accupresure maupun accupuncture pada titik meridian kelenjar limfe berguna untuk meningkatkan sistem immun tubuh serta mengurangi terjadinya peradangan atau inflamasi pada organ hati. Meridian limfe terletak pada pertengahan tepi luar telapak kaki kiri searah dengan jari manis kemudian memutar hingga ujung jari manis, sedangkan pada telapak tangan terdapat pada sepanjang ibu jari bagian dalam hingga pangkalnya, kemudian memutar sepanjang tepi jari telunjuk.

Tri pemanas. Tri pemanas tubuh berguna untuk mengoptimalkan kinerja hormon dan enzym yang merupakan katalisator berbagai proses biokimia dalam tubuh. Meridian tri pemanas terdapat pada pangkal jari tengah telapak kaki kiri dan kanan.

Akupuntur untuk Penderita HepatitisMenurut salah seorang praktisi akupunktur, dikatakan juga bahwa terapi akupuntur untuk penderita hepatitis dengan teknik osteopuncture juga dapat dilakukan dengan penggunaan jarum panjang pada ruas tulang belakang ke 16-18 untuk merangsang kinerja hati dan ginjal dalam memproses racun yang masuk ke dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar