Jumat, 21 November 2014

Bahaya Batuk Berkepanjangan

 Bahaya Batuk Berkepanjangan

 
Normalnya batuk bisa disembuhkan dalam waktu minimal dua minggu, tapi apa jadinya jika Anda mengalami batuk yang berkepanjangan? Anda perlu waspada karena batuk yang awalnya dianggap sepele, ternyata bisa membahayakan nyawa Anda.  Bahaya batuk berkepanjangan dibedakan dari lamanya batuk. Pertama, batuk ringan yaitu batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, biasanya batuk jenis ini disebabkan perubahan cuaca seperti influensa atau alergi terhadap sesuatu. Dan batuk kronis atau batuk yang berlangsung lebih dari 8 minggu, batuk jenis ini biasanya merupakan gejala dari sebuah penyakit berat yang menyertainya, seperti asma, TBC, batuk rejan, radang paru-paru.

Bahaya batuk berkepanjangan bisa Anda waspadai dengan mengenal penyebab batuk yang Anda derita. Ada 3 jenis penyebab batuk berkepanjangan, yaitu:

Karena r0k0k: r0k0k sangat merugikan orang yang menghisapnya, bahkan per0k0k pasif atau orang yang secara tidak langsung menghirup asap r0k0k bahkan bisa dua kali lipat menerima efek sampingnya. Zat-zat dalam r0k0k dikenali paru-paru sebagai benda asing, sehingga tak jarang jika per0k0k atau orang yang menghirup asap r0k0k terbatuk-batuk. R0k0k menjadi menjadi salah satu penyebab penyakit paru-paru yang beresiko kematian.

Flu: Flu dan batuk dua sahabat setia yang selalu hadir. Flu bisa menyebabkan batuk karena kelebihan cairan dan lendir pada hidung akan menyebabkan saluran pernafasan terganggu.

Batuk rejan atau pertussis: Batuk yang tergolong membahayakan ini disebabkan oleh bakteri. Gejalanya adalah demam, hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan, batuk terus menerus yang menyebabkan penderitanya kesulitan bernafas. Suara “ngik” saat penderita menarik nafas adalah ciri khas dari penderita batuk rejan. Batuk ini berlangsung lama dan jika tidak ditangani dengan tepat bisa berdampak pada kesehatan Anda. Misalnya, batuk berdarah karena kuatnya batuk sehingga menyebabkan luka pada saluran pernafasan atau perdarahan di mata.

Untuk menghindari dari bahaya batuk berkepanjangan, hindari pencetus bertambah parahnya batuk yang Anda derita dengan tidak mer0k0k selama batuk, tidak makan makanan yang mengandung minyak berlebihan seperti gorengan, menghindari makanan dan minuman dingin, makanan yang terlalu manis seperti coklat dan permen.

Dan untuk meredakan batuk sebaiknya banyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, minum air hangat 2 liter sehari, minum obat batuk dengan teratur atau membuat ramuan obat batuk alami sendiri dari kunyit, jahe dan kencur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar