Kamis, 20 November 2014

Antisianin bagi Pengendalian Kolesterol

 Antisianin bagi Pengendalian Kolesterol


Tingginya kadar kolesterol dalam darah memberikan masalah tersendiri bagi kesehatan manusia, terutama bagi mereka yang berusia di atas 30-an. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding arteri darah serta terjadinya inflamasi pada pembuluh darah tersebut, mengakibatkan terjadinya pembuluh darah yang pecah dan berpotensi menyebabkan terjadinya stroke ataupun jantung koroner. Kedua jenis penyakit ini merupakan penyakit akut yang bisa menyerang sewaktu-waktu dan bisa saja menyebabkan kematian. Menyadari betapa berbahayanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi ini, maka ada baiknya jika dilakukan tindakan menurunkannya dalam level normal dengan cara terapi tradisional ataupun modern.

Salah satu jenis terapi atau pengobatan yang dapat dilakukan adalah penggunaan antisianin. Kenali beberapa data dan fakta mengenai antisianin bagi pengendalian kolesterol dalam darah berikut ini:

Blueberry dan Kedelai
Menurut FDA atau badan kesehatan Amerika, dikatakan bahwa kedua jenis asupan makanan ini yaitu blueberry, kedelai kuning ataupun kedelai hitam merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan antisianin yang tinggi dan berkisar antara 15%-20% dalam berat totalnya.

Pencegah oksidasi LDL
Kolesterol LDL merupakan kolesterol berbahaya yang berpotensi mengendap pada saluran arteri darah karena tidak terangkut kembali ke organ hati untuk dihancurkan. Pengendapan pada dinding arteri ini bisa memicu terjadinya oksidasi oleh oksigen yang dibawa oleh hemoglobin darah. Oksidasi ini akan merusak LDL sehingga menyebabkan sumbatan atau plak arteri dan menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada arteri ketika dilewati oleh darah.

Kuota Konsumsi
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari antisianin ini, maka konsumsi harian blueberry ataupun kedelai hitam dan kedelai kuning yang dianjurkan adalah berkisar antara 25-150 gram tiap harinya, bergantung pada usia, jenis kelamin serta berat badan yang dimiliki. Konsumsinya bisa dilakukan dengan cara merebus ataupun memanggang kedelai, sedangkan konsumsi buah blueberry dapat digunakan sebagai jus.

Demikianlah beberapa data dan fakta tentang antisianin bagi pengendalian kolesterol dalam darah yang kiranya bisa dipertimbangkan. Lakukan juga pola hidup sehat dengan menghindari konsumsi alkohol serta merokok dan rutin berolahraga selama 25 menit setiap harinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar