Jumat, 12 September 2014

Manfaat Buah Delima Untuk Obat Tradisional Kesehatan

Manfaat Buah Delima Untuk Obat Tradisional Kesehatan



Manfaat Buah Delima Untuk Obat Tradisional Kesehatan -  Buah delima berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl. Delima di jadikan sebagai tanaman hias sekaligus dimakan buahnya. Yang sering dijumpai kebanyakan jus delima, Dalam satu gelas delima mengandung Glukosa, Fruktosa, Maltosa, Vitamin A dan C, Mineral, Serta tanin. Selain buahnya akar, Biji, Daun, Bunga dan kulit pohon dapat dimanfaatkan.


Bagian buah delima sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit:

1. Bagian buah delima dimanfaatkan, Sebagai berikut :

Sering kencing - Ambil isi buah delima dan segenggam kucai, Lalu potong. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa setengah. Minum air rebusan dua kali sehari sebanyak ¾ gelas.

Mengobati Sariawan - Ambil dua buah delima yang sudah masak ambil bijinya dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil aduk merata, Lalu saring. Gunakan untuk berkumur, Lakukan 2 sampai 3 kali sehari sampai sembuh.

Suara serak, Tenggorokan kering - Ambil sebuah delima segar dan ambil isinya. Kunyah, Lalu buang bijinya. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Mengobati Cacingan - Untuk mengobati cacingan menggunakan buah delima. Caranya, Campur jus buah delima dengan jus wortel setengah gelas. Aduk sampai merata dan jus buah delima bercampur jus wortel siap diminum

2. Bagian Kulit Buah Delima dimanfaatkan, Sebagai berikut :
Kulit buah delima dapat digunakan untuk mengobati cacingan, Buang air besar mengandung darah dan lendir, Diare kronis, Muntah darah, Batuk darah, Radang telinga, K3putihan, Nyeri lambung.

Berikut cara mengobati cacingan menggunakan kulit buah delima : Tahap pertama anda harus menjemur kulit buah delima sampai benar-benar kering, Setelah itu rebus kulit delima kering dengan biji pinang sebanyak 15 gram serta tuangkan tiga gelas air bersih. Rebus selama satu jam, Setelah dingin kemudian disaring. Minum sebelum makan pagi.

3. Bagian Akar Delima dimanfaatkan, Sebagai berikut :
Cacingan - Cuci akar delima yang telah dikeringkan, Lalu potong. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit, Saring dan minum airnya.

K3putihan - Untuk mengatasi k3putihan. Caranya, Rebus kulit delima kering 30 gram dan sambiloto kering 15 gram dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa setengah kemudian disaring. Minum tiga kali sehari. Selain itu, Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina.

4. Bagian Bunga Delima dimanfaatkan, Sebagai berikut :

Mengobati Luka - Ambil bunga delima dan campur dengan serbuk kulit buah dan minyak wijen secukupnya. Aduk merata, Lalu oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan - Rebus bunga delima dengan tiga gelas air bersih sampai mendidih dan tersisa setengah gelas. Minum air rebusan dua kali sehari, Sebanyak ¾ gelas.

5. Bagian Biji Delima dapat dimanfaatkan, Sebagai berikut :
Biji buah delima digunakan untuk :

Menurunkan demam
Mengobati Batuk
Mengatasi keracunan
Mengobati cacingan

Caranya, Masukkan bubuk biji delima kering sebanyak satu sendok makan dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata dan Minum sewaktu perut kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar