Jumat, 12 September 2014

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh



Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh - Srikaya merupakan buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak).

Daging buahnya berwarna putih. Ada yang mengira buah srikaya ini buah sirsak, Mengapa demikian ? Karena dari bentuk buah dan daunnya srikaya mirip sirsak. Sirsak dan srikaya memiliki khasiat sama yaitu untuk pengobatan tradisional.


Menenangkan penderita histeris dan pingsan. - Cuci daun segar secukupnya, Tumbuk sampai halus. Dekatkan tumbukkan daun pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita. Sehingga penderita sadar.

Borok dan bisul - Cuci daun srikaya secukupnya, Lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, Setelah itu tempelkan ke borok atau bisul dan balut. Ganti 2--3 kali sehari.

Cacingan pada anak - Cuci daun srikaya segar (15 lembar), Lalu rebus dengan 5 gelas air. Setelah dingin, Saring dan minum 3 kali sehari.

Kudis -Cuci daun srikaya segar (15 lembar), Tumbuk sampai halus. Remas-remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh. Lakukan 2x sehari.

Gangguan pencernaan- Cuci daun srikaya segar secukupnya, Tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Kemudian tempel pada bagian perut.

Manfaat Biji dan Buah Srikaya

Membasmi kutu anjing - Untuk memandikan anjing yang berkutu. Caranya, Tumbuk halus biji srikaya dan tambahkan air secukupnya kemudian saring airnya. Air siap untuk memandikan anjing yang berkutu.

 Mematikan kutu kepala - Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), Lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, Lalu aduk merata. Oles pada kulit kepala, Perban dengan kain. Tunggu sampai 3 jam, Setelah itu cuci sampai bersih. Bila membilas jangan sampai terkena mata sebab mata bisa iritasi.

Mematangkan bisul - Ambil isi buah yang sudah masak, Tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit garam sambil aduk merata, Turapkan pada bisul dan balut dengan kain kasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar